Fatmawati, Heni eliya.
2006. Eksistensi Kelompok Bermain Dalam Mengembangkan Keberagamaan Anak (Di
Kelompok Bermain Hajjah Mariyam Batu). Skripsi Jurusan Pendididikan Islam,
Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang.
Pembimbing: Drs. A. Zuhdi.
Kata Kunci (Key word): Kelompok Bermain, Keberagamaan Anak.
Pendidikan agama harus
diberikan sejak kecil atau ketika masa kanak-kanak, karena masa kanak-kanak
sebagai salah satu tahap yang dilalui manusia sebelum menjadi dewasa memiliki
potensi yang sangat penting dalam pembentukan pola kepribadian seseorang.
Selain itu pendidikan yang diberikan pada masa kanak-kanak memiliki pengaruh
yang sangat besar sebab pendidikan tersebut cenderung akan terbawa terus dalam
proses kehidupan anak selanjutnya. Karena itu pemberian pendidikan agama harus
dimulai sejak masa itu.
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian
ini, yaitu (1) Bagaimana upaya kelompok bermain Hajjah Mariyam Batu dalam
mengembangkan keberagamaan anak?, (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kelompok
bermain Hajjah Mariyam dalam mengembangkan keberagamaan anak?. Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan kelompok
bermain Hajjah Mariyam dalam mengembangkan keberagamaan anak, (2) Untuk
mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi kelompok bermain Hajjah Mariyam dalam
mengembangkan keberagamaan anak.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif
yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dimana data-data yang
dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati.
Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus yaitu penelitian yang
dilakukan secara intensif, mendalam dan komprehensip tentang latar belakang,
sifat-sifat (karakter) yang khas dari suatu kasus. Untuk pengumpulan data dalam
skripsi ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan
data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan mengunakan metode
deskriptif analisis dan kajian isi.
Penelitian dilaksanakan di kelompok bermain Hajjah
Mariyam Batu dikarenakan kelompok bermain ini mengunakan pola pendekatan
pendidikan Islami. Disini anak diarahkan, dibimbing dan dikembangkan sikap,
kepribadian, kecerdasan, dan bakatnya berdasarkan nilai-nilai yang ada pada
ajaran agama Islam.
Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut: (1) Dalam mengembankan keberagamaan anak di kelompok bermain
Hajjah Mariyam ini banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan antara lain:
memberikan jadwal pemberian materi agama dan selalu menyisipkan pesan-pesan
keagamaan dalam setiap kali kegiatan belajar mengajar berlangsung, Memberikan
jadwal materi yang bervariasi, Selalu
membiasakan anak untuk membaca doa ketika akan melakukan kegiatan, belajar
doa-doa sehari-hari dan belajar surat-surat pendek, mengadakan peringatan PHBN
dan PHBI, dan melakukan evaluasi atau penilaian untuk mengetahui perkembangan
yang terjadi pada anak. Dari upaya-upaya yang dilakukan kelompok bermain Hajjah
Mariyam ini anak didik telah banyak mengalami kemajuan dalam perkembangan
keagamaannya antara lain: anak mulai mengenal dan hafal surat-surat pendek dan
doa-doa kegiatan sehari-hari, bisa mengaplikasikan hasil belajarnya di kelompok
bermain ketika di rumah, dan memperoleh banyak pengetahuan tentang agama di
kelompok bermain, (2) faktor-faktor pendukung Kelompok Bermain Hajjah Mariyam
dalam mengembangkan keberagamaan anak antara lain ada dari pihak pendidik,
keluarga, teman sebaya, dan juga dari masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar