Sabtu, 30 Juni 2012

ABSTRAK



Fatmawati, Heni eliya. 2006. Eksistensi Kelompok Bermain Dalam Mengembangkan Keberagamaan Anak (Di Kelompok Bermain Hajjah Mariyam Batu). Skripsi Jurusan Pendididikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang.
Pembimbing: Drs. A. Zuhdi.

Kata Kunci (Key word): Kelompok Bermain, Keberagamaan Anak.

            Pendidikan agama harus diberikan sejak kecil atau ketika masa kanak-kanak, karena masa kanak-kanak sebagai salah satu tahap yang dilalui manusia sebelum menjadi dewasa memiliki potensi yang sangat penting dalam pembentukan pola kepribadian seseorang. Selain itu pendidikan yang diberikan pada masa kanak-kanak memiliki pengaruh yang sangat besar sebab pendidikan tersebut cenderung akan terbawa terus dalam proses kehidupan anak selanjutnya. Karena itu pemberian pendidikan agama harus dimulai sejak masa itu.
Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana upaya kelompok bermain Hajjah Mariyam Batu dalam mengembangkan keberagamaan anak?, (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi kelompok bermain Hajjah Mariyam dalam mengembangkan keberagamaan anak?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan kelompok bermain Hajjah Mariyam dalam mengembangkan keberagamaan anak, (2) Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi  kelompok bermain Hajjah Mariyam dalam mengembangkan keberagamaan anak.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dimana data-data yang dihasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari  orang-orang atau prilaku yang dapat diamati. Sedangkan jenis penelitiannya adalah studi kasus yaitu penelitian yang dilakukan secara intensif, mendalam dan komprehensip tentang latar belakang, sifat-sifat (karakter) yang khas dari suatu kasus. Untuk pengumpulan data dalam skripsi ini digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan data-data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan mengunakan metode deskriptif analisis dan kajian isi.
Penelitian dilaksanakan di kelompok bermain Hajjah Mariyam Batu dikarenakan kelompok bermain ini mengunakan pola pendekatan pendidikan Islami. Disini anak diarahkan, dibimbing dan dikembangkan sikap, kepribadian, kecerdasan, dan bakatnya berdasarkan nilai-nilai yang ada pada ajaran agama Islam.
Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Dalam mengembankan keberagamaan anak di kelompok bermain Hajjah Mariyam ini banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan antara lain: memberikan jadwal pemberian materi agama dan selalu menyisipkan pesan-pesan keagamaan dalam setiap kali kegiatan belajar mengajar berlangsung, Memberikan jadwal materi  yang bervariasi, Selalu membiasakan anak untuk membaca doa ketika akan melakukan kegiatan, belajar doa-doa sehari-hari dan belajar surat-surat pendek, mengadakan peringatan PHBN dan PHBI, dan melakukan evaluasi atau penilaian untuk mengetahui perkembangan yang terjadi pada anak. Dari upaya-upaya yang dilakukan kelompok bermain Hajjah Mariyam ini anak didik telah banyak mengalami kemajuan dalam perkembangan keagamaannya antara lain: anak mulai mengenal dan hafal surat-surat pendek dan doa-doa kegiatan sehari-hari, bisa mengaplikasikan hasil belajarnya di kelompok bermain ketika di rumah, dan memperoleh banyak pengetahuan tentang agama di kelompok bermain, (2) faktor-faktor pendukung Kelompok Bermain Hajjah Mariyam dalam mengembangkan keberagamaan anak antara lain ada dari pihak pendidik, keluarga, teman sebaya, dan juga dari masyarakat.

0 komentar:

Poskan Komentar