Selasa, 01 Maret 2011

FOTO BERASAP


Pesta barbeque menyambut pergantian tahun tak terasa sudah berlalu. Hanya tersisa foto-foto kenangan pada saat acara. Sebelum mencetak dan menyimpannya di album, kita dapat menambahkan efek untuk membuatnya lebih hidup. Salah satunya dengan menambahkan asap pada daging panggang yang lezaT.

  1. BUKA FOTO HIDANGAN
Buka foto hidangan daging panggang yang telah disiapkan pada kanvas kerja Photoshop Anda. Kemudian  pilih menu Layer-New-Layer untuk menciptakan sebuah layer baru sebagai tempat menempatkan efek asap yang akan dibuat. Beri nama layer baru ini dengan nama “asap”. Layer baru ini secara otomatis akan mengambil tempat di atas layer Background.  Apabila foto terlihat terlalu pucat, Anda dapat menggelapkannya dengan menu Edit-Levels dan menggeser slider tengah ke arah kanan.

  1. SIAPKAN BRUSH TOOL
Sekarang kita akan menyiapkan satu-satunya Tool yang akan digunakan dalam proses pembuatan asap. Klik icon Brush Tool pada Toolbox. Pilih jenis Brush Petal Crystal yang dapat Anda dapatkan dari kelompok Special Effect Brushes.Pada Option Bar yang terdapat pada sisi atas aplikasi Photoshop Anda terdapat pilihan Master Diameter. Geser slider pada Master Diameter hingga mencapai ukuran diameter yang cukup besar tergantung pada resolusi gambar Anda. pada contoh digunakan diameter sebesar 125 pixels. Kemudian turunkan Opacity Brush menjadi 25%.

  1. SAPUKAN BRUSH ASAP
Klik pada layer “asap” sehingga untuk seterusnya layer inilah yang aktif. Pastikan warna Foreground pada Toolbox adalah warna putih. Jika belum, Anda dapat mengganti warnanya dengan mengklik pada palet tersebut dan memilih warna putih pada Color Picker. Kemudian sapukan brush membentuk tiga garis lurus pada kanvas mengikuti arah api yang menyala seperti ditunjukkan pada gambar berikut. Kini ketiga garis terlihat samar menutupi gambar daging pada kanvas.

  1. ULANGI BRUSH PADA KANVAS
Turunkan diameter brush menjadi 90 dan gambarlah 3 garis lagi menimpa garis sebelumnya yang telah kita buat sebelumnya. Ulangi lagi dengan menurunkan diameternya menjadi 60 px. Kali ini naikkan level opacity menjadi 70%. Sekali lagi lakukan sapuan terakhir dengan diameter yang lebih kecil, yaitu 40 px. Namun, opacity kali ini dinaikkan maksimal menjadi 100%.

  1. APLIKASIKAN WAVE
Kini aplikasikan  Filter-Distort-Wave untuk membuat bentuk bergelombang yang membentuk asap. Masukkan parameter berikut: Generators =  5; Min. Wavelength = 10 dan Max = 120; Min. Amplitude = 10 dan Max = 35; Scale Hprizontal dan Vert = 100%; Type: Sine dan Areas: Repeat Edge Pixels. Segera setelah menekan tombol OK pada Wave,klik pada menu Edit dan temukan menu Fade Wave. Masukkan nilai 50% pada dialog box yang muncul. Ulangi Filter dan Fade Wave beberapa kali sehingga menciptakan bentuk asap seperti pada gambar di atas.

  1. HAPUS DENGAN ERASER
Anda sudah hampir selesai dengan gambar ini. Sekarang sebagai langkah terakhir, pilih Eraser Tool, atur opacity menjadi 5%, dan hapus sedikit bagian atas asap untuk memfokuskan asap pada bagian tengah gambar. Kemudian turunkan Opacity level pada palet layer menjadi 70% saja untuk membuat efek asap terlihat lebih samar. Kini Anda telah selesai.

  1. PERBANDINGAN GAMBAR
Jika menginginkan efek asap lebih terlihat, Anda dapat menurunkan sedikit lagi  pada layer daging. Foto yang telah diberi efek asap terlihat lebih lezat dan “hidup” dibandingkan foto sebelumnya yang pucat dan kurang menarik. Hanya dengan menatapnya dapat mengingatkan Anda pada lezatnya cita rasa daging yang dipanggang dan hangatnya suasana kebersamaan bersama kerabat dan sahabat-sahabat Anda yang mungkin mulai jarang bertemu mengingat padatnya kesibukan rutinitas masing-masing.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates