Selasa, 01 Maret 2011

MENGUBAH TAMPILAN BULLET ATAU NOMOR


Apakah Anda pernah merasa malu dengan daftar yang Anda buat? Bukankah Anda ingin daftar Anda lebih mudah dibaca dan bahkan lebih menarik dilihat?

  1. BUAT STYLE BARU
Untuk membuat daftar dengan spasi tertentu antara tiap item atau menentukan spasi di atas atau di bawah daftar, buat dulu style paragraf dengan spasi yang Anda inginkan. Sebagai contoh di sini, misalkan Anda ingin spasi 12-poin sebelum dan sesudah tiap item. Pada menu Format, klik Styles and Formatting. Pada taks pane Styles and Formatting, klik tombol New Style. Pada kotak dialog New Style, di bawah Properties, ketik nama (yang mudah Anda kenali) pada kotak Name.

  1. FORMAT PARAGRAF
Untuk Style type, klik Paragraph. Catatan: Anda mungkin ingin mengklik List untuk Style type; jangan lakukan itu. Jika pilih List, Anda tidak akan bisa memformat spasi paragraf sesuai yang Anda inginkan. Jika mau, Anda bisa mengubah setting Style based on dan Style for following paragraph. Di sudut kanan bawah, klik tombol Format, dan kemudian klik Paragraph. Pada kotak dialog Paragraph, di bagian Section, masukkan 12 pt di boks Before dan After (ingat bahwa setiap item pada daftar adalah paragraf).

  1. TENTUKAN SPASI
Jika Anda mau spasi di atas dan di bawah daftar sama, beri tanda centang (_) Don’t add space between paragraph of the same style; Jika Anda mau spasi di atas dan di bawah daftar dan antara setiap item sama, hilangkan tanda centang (_) pada Don’t add space between paragraph of the same style; Jika ingin mengatur spasi di atas dan di bawah daftar dan menggunakan spasi yang berbeda antara setiap item pada daftar, Anda harus membuat style terpisah untuk item pertama, tengah, dan terakhir. Klik OK untuk menutup kotak dialog Paragraph, tapi biarkan kotak dialog New Style tetap terbuka.

  1. FORMAT PENOMORAN
Anda bisa mengubah style supaya memasukkan bullet atau nomor. Untuk modi. kasi lebih lanjut, Anda bisa memformat bullet atau nomor dengan karakter unik dan warna. Anda juga bisa menggunakan gambar berwarna sebagai bullet. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan simbol telepon untuk daftar telepon atau simbol not musik untuk daftar lagu. Atau jika membuat daftar nomor, Anda bisa menentukan font dan warna yang inginkan. Klik lagi tombol Format dan kemudian klik Numbering.

  1. PILIH BULLET ATAU PENOMORAN
Pada kotak dialog Bullets and Numbering, pilih tab yang Anda inginkan, bergantung apakah daftar Anda menggunakan bullet atau nomor. Sebagai contoh di sini, klik tab Bulleted. Klik sembarang style pada galeri bullet, dan kemudian klik Customize. Pada kotak dialog Customize Bullet List, tentukan indentasi, posisi teks, dan karakter bullet. Sebagai contoh di sini, klik tombol Character. Pada daftar font, klik Wingdings, klik simbol telepon, dan kemudian klik OK. Kembali lagi ke kotak dialog Customize Bulleted List, selanjutnya kita format font.

  1. FORMAT FONT BULLET
Klik Font, dan ganti warna font dan ukuran karakter bullet. Klik OK , dan kemudian tutup kotak dialog Customized Bulleted List. Catatan: untuk mengganti font yang Anda gunakan untuk teks pada daftar, pada kotak New Style, klik Format dan kemudian klik Font. Style Anda yang baru sekarang bisa digunakan ke dokumen. Jika Anda ingin menggunakan style ke dokumen lain, pastikan untuk memasukkan style ke template yang digunakan oleh dokumen dengan mencentang (_) Add to template dan kemudian klik OK.

  1. GUNAKAN STYLE
Setiap kali Anda memilih simbol bullet baru, ia otomatis dimasukkan ke galeri bullet di tempat yang Anda pilih sebelum mengklik Customize. Namun, Anda bisa mengembalikan bullet default dengan mengklik bullet yang Anda ubah dan kemudian klik Reset. Anda bisa menggunakan style untuk membuat daftar baru atau mengubah daftar eksisting: klik pada tempat Anda ingin membuat daftar, dan kemudian klik nama style pada task pane Styles and Formatting; atau pilih semua item pada daftar yang ingin diubah, kemudian klik nama style pada task pane Styles and Formatting.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates