Selasa, 01 Maret 2011

AWAN BERNUANSA KOMIK


Walau sudah cukup lama, tetapi Anda pasti masih mengingat nuansa komik yang mendominasi film 300. Nuansa grafis yang khas pada film ini akan kita wujudkan pada sebuah foto awan yang awalnya biasa saja, menjadi awan bernuansa komik ala 300. Joko Nurjadi

1 MEMILIH GAMBAR
Sangat mudah untuk mendapatkan sebuah gambar awan. Anda dapat memotret sendiri ataupun mencarinya pada search engine di Internet. Karena bentuk awan yang sangat bervariasi, hasil yang dapat Anda peroleh juga sangat beragam. Klik menu File – Open untuk membuka foto yang Anda pilih di dalam kanvas kerja.

2 EQUALIZE
Langkah pertama adalah mengubah mode warna menjadi Lab Color. Caranya dengan memilih menu Image, Mode, Lab Color. Selanjutnya membuat foto awan Anda menjadi lebih kontras dengan efek Equalize, melalui menu Image, Adjustment, Equalize.

3 CURVES
Kita akan mengatur warna awan dengan lebih detail dengan menggunakan Curves. Caranya cukup sederhana, perhatikan pada bagian bawah Jendela Layer, terdapat icon fill (icon dengan gambar lingkaran), klik kanan pada icon tersebut dan pilih Curves...

4 PENGATURAN WARNA
Pada Jendela Curves, tarik titik atas kurva ke arah bawah, perhatikan perubahan warna yang terjadi pada gambar awan. Anda bebas mengatur warna dengan kurva ini. Sebagai patokan, pada contoh akan ditarik kurva hingga Input bernilai 100 dan Output bernilai 89.

5 PHOTO FILTER
Klik pada layer background, lalu pilih menu Image, Adjustment, Photo Filter... Klik pada Color dan tentukan warna dengan #F2B35B. Tentukan Density sebesar 25% dan klik OK. Selanjutnya pilih  menu  Image, Adjustment, Invert. Klik pada  layer teratas, lalu tekan tombol CTRL + E untuk menggabungkan (merge) layer.


6 BLUR DAN SPHERIZE
Pilih menu  Image, Mode, RGB Color. Kemudian pilih menu Filter, Blur, Gaussian Blur... Tentukan Radius sebe-sar 2 pixel dan klik OK. Pilih menu Filter, Distort, Spherize..., tentukan Amount sebesar -27% dan klik OK.


7 SEBELUM DAN SESUDAH
Dengan langkah-langkah sederhana di atas, kini Anda telah mendapatkan gambar awan bernuansa komik yang khas seperti pada film 300. Anda dapat berkreasi lebih jauh lagi, misalnya dengan menggunakan gambar ini sebagai background untuk objek-objek heroik.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates