Selasa, 01 Maret 2011

KEPINGAN KACA


Kali ini efek yang akan kita buat tidak akan berfokus seluruhnya pada foto tersebut, tetapi pada objek yang akan ditambahkan. Jika suatu benda dilihat melalui sudut pandang benda lain, tak jarang akan menghasilkan kesan yang berbeda. Tips yang akan kita buat kali ini adalah melihat objek melalui kepingan kaca. Joko Nurjadi



1.      BUKA FOTO PADA BIDANG KERJA
Seperti biasa, buka foto yang telah disediakan dari menu File-Open. Pada panel layer akan tercipta  layer Background yang merupakan default dari setiap foto berbasis JPEG, BMP, dan sebagainya yang dibuka di aplikasi Photoshop. Untuk mulai bekerja, kita akan menciptakan layer baru. Pilih menu Layer-Duplicate Layer atau menekan shortcut Ctrl-J. Dengan segera layer baru yang sama persis akan tercipta di atas layer background. Beri nama layer tersebut Pola.

2.      MEMBERI EFEK KACA
Sedikit berbeda dari biasanya, kali ini kita akan menciptakan hasil akhir efeknya terlebih dahulu. Pada layer Pola, masuklah ke menu Filter-Distort-Glass. Kemudian masukkan parameter berikut: Distortion: 11; Smoothness: 14; Texture: Frosted; dan Scaling 150%. Klik OK, maka tekstur pada gambar akan berubah menjadi seperti berikut. Namun, tentu kita tidak ingin keseluruhannya tertutup tekstur. Langkah berikutnya akan memunculkan tekstur tersebut hanya pada area tertentu saja.

3.      MENCIPTAKAN PATTERN
Pilih Edit-Define Pattern pada  layer Pola. Dengan ini, tekstur tersebut dijadikan pola yang dapat digunakan kapan saja. Beri nama pattern baru Anda dengan nama Glass untuk memudahkan pencarian saat dibutuhkan. Setelah selesai, delete layer 1. Kini kita kembali hanya memiliki layer Background. Buat layer baru dengan memilih menu Layer-New-Layer atau dengan shortcut Ctrl+Shift+N. Beri nama layer baru ini Kaca.

4.      POTONGAN KACA
Klik icon Polygonal Lasso Tool dan buatlah seleksi tidak beraturan pada layer Kaca seperti contoh. Seleksi ini akan membentuk bidang potongan kaca yang akan dibuat. Warnai seleksi dengan sembarang warna, misalnya hitam dengan menggunakan Paint Bucket Tool. Kemudian klik ganda pada nama layer untuk masuk ke pilihan Blending Options. Kita lanjutkan dengan membuat efek bias kaca.

5.      MENGAPLIKASIKAN FILTER
Pilih opsi Pattern Overlay pada jendela Blending Options. Carilah pola Glass yang barusan dibuat dan pilih pola tersebut. Kemudian masuk pula ke opsi Satin dengan parameter berikut: Blend mode: Multiply; Opacity: 50; Angle: 19; Distance: 42; Size: 65 dan pilih bentuk Contour: Ring. Lalu centang ([1][1]) opsi Bevel and Emboss serta sesuaikan dengan nilai berikut: Depth: 100; Size: 0; Soften: 0; Angle: 30; Altitude: 30. Sisanya dibiarkan sesuai default dan tekan OK.

6.      TAMBAHKAN SHADOW
Potongan kaca Anda sudah terlihat rapi, bukan? Untuk menambahkan kesan adanya jarak antara kertas dan kaca, kita akan menambahkan bayangan. masuklah kembali ke Blending Options untuk mencentang ([1][1]) opsi Drop Shadow dan memasukkan pengaturan berikut Opacity: 22, Angle: 30; Distance: 14; Spread: 0; Size: 5. Sisanya dibiarkan sesuai parameter asli. Klik OK stelah semua perubahan dilakukan. Anda akan melihat bayangan kertas ujian di balik sepotong kaca.

7.      HASIL AKHIR
Selain bereksperimen dengan potongan kaca di meja, Anda juga dapat membuat berbagai variasinya. Mungkin memajang foto orang terkasih Anda di balik bingkai kaca atau membuat bayangan samar misterius di luar jendela. Semua yang ada di sekitar Anda dapat menjadi sumber ide yang menyenangkan untuk belajar. Hanya dengan tambahan objek yang unik pada foto dapat menciptakan nuansa berbeda.   Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates