Selasa, 01 Maret 2011

Membuat Karakter Komik


Kelebihan foto digital adalah kita dapat melakukan perbaikan pada foto sebelum dicetak untuk membuatnya terlihat lebih bagus. Anda dapat membuat kreasi menarik sebagai ekspresi gaya Anda, misalnya dengan membuatnya menyerupai komik. Joko Nurjadi

  1. BUKA FOTO PADA KANVAS
Carilah foto favorit Anda dan buka pada kanvas kerja dari menu File-Open. Anda dapat menggunakan foto actor dari screenshot . lm favorit Anda atau foto close up Anda yang sedang beraksi untuk dibuat menjadi adegan komik laga. Yang penting adalah foto yang digunakan sebagai material memiliki kualitas gambar yang cukup jelas.

  1. KONTRASKAN WARNA FOTO
Langkah awal adalah masukkan nilai Input Levels kurang lebih sebagai berikut. 60;1.00;220. Nilai Input Levels ini bisa bervariasi tergantung pada tingkat kekontrasan dan jumlah warna pada foto asli. Anda dapat mencoba berbagai pengaturan agar foto kurang lebih terlihat seperti contoh. Aturlah parameter pada Input Levels sedemikian rupa sehingga foto menjadi lebih kontras dan gelap seperti pada umumnya gambar-gambar pada komik berwarna.

  1. ILUSI DENGAN FILTER
Kita akan memberi ilusi seolah foto dicetak di atas kertas tua yang kurang berkualitas. Masuklah ke menu Filters- Artistic-Film Grain. Pada gambar contoh. Kita akan menggunakan parameter sebagai berikut : Grain: 4, Highlight area:0, Intensity: 10. Sekarang pilih menu Layer-Duplicate Layer dan beri nama Halftone pada layer baru. Selanjutnya bisa ditebak, tambahkan Filter-Pixelate-Color Halftone dengan parameter Max Radius sebesar 4 dan sisanya sesuai default. Klik OK dan ubah Blending Options pada Layer Palette menjadi Darken.

  1. ELEMEN KOMIK
Klik ganda pada layer Halftone, pilih Stroke pada jendela Blending Options dan atur Width:20 pixels, Position: inside, dan Color: F5ECE1. Klik OK. Untuk kotak dialog, tambahkan layer baru dari menu Layer-New-Layer dan buatlah seleksi dengan Rectangular Tool. Beri gradasi Oranye dan Kuning pada kotak ini. Klik ganda pada layer untuk memilih Stroke dengan warna hitam sebesar 3 px. Ciptakan layer baru lagi dan gambar bentuk kotak lain yang sedikit lebih besar pada bagian bawah gambar. Isi dengan warna putih dan beri stroke yang sama.

  1. BORDER PEMBATAS
Sekali lagi buat layer baru. Pilih Rectangular Marquee Tool dari Tools Palette. Tarik garis seleksi dari atas kiri gambar hingga bagian bawah kanan untuk menciptakan kotak seleksi yang melingkupi seluruh gambar. Masuk ke menu Edit-Stroke dengan parameter Width: 4 pixels, Color: Black, Location: Center, dan tekan OK. Berikutnya pilih menu Select-Deselect dan aplikasikan sedikit distorsi dari Filter-Distort- Ripple dengan Amount:20% dan Size: Medium. Tajamkan dengan menu Sharpen-Sharpen More. Kini Anda telah memiliki border yang terlihat seperti gambar tangan.

  1. TEKS KOMIKAL
Gunakan font digitalstrip atau font sejenis yang menyerupai tulisan dalam komik. Jika tidak ada, Anda dapat mendownloadnya dari http://www.blambot.com/font-digitalstrip.shtml Tambahkan tulisan tersebut pada kotak-kotak yang telah Anda sediakan. Untuk membuat karakter dalam komik Anda terlihat lebih hidup, klik pada icon Custom Shape Tool dan pilih jenis shape TalkBubbles, letakkan pada posisi yang tepat pada


  1. KOMIK BUATAN SENDIRI
karakter Anda dan isi dengan dialog. Tentu hasil karya kita tidak bisa sama persis seperti ilustrasi pada komik asli yang merupakan gambar tangan. Kita hanya dapat menciptakan kesan yang mirip didukung dengan kualitas foto yang akan dimanipulasi. Agar terlihat lebih realistis, Anda dapat berkreasi dengan menambahkan item-item lain khas komik misalnya memberi pantulan cahaya pada gigi yang tersenyum atau menambahkan beberapa tokoh yang saling berdialog. Maka, komik buatan Anda telah siap dibaca.



0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates