Selasa, 26 Maret 2013

MC KHOTMIL QUR'AN



Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yang kami hormati,
1.       Pengasuh Pesantren Darussalam Blokagung, KH Ahmad Hisyam Syafa’at, S.Sos.I, M.Ag
2.       Pengasuh Pesantren Darussalam Putri, Nyai Hj. Handariyatul Masruroh Syafa’at
3.       Nyai Hj. Uci Nur Hidayati dari Pasuruan Jawa Timur
4.       Wali Santri Khotimaatil Qur’an Bil-Hifdhi dan Bin-Nadhri, Alumni dan santri Pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi
Ahamdulillahirobbil’alamiin, puji syukur kepada Alloh swt karena atas berkat rahmat dan pertololonganNya, malam ini, Selasa, 29 Juni  2010 Masehi  kita dapat melaksanakan tasyakur Khotmil Qur’an Bil-Hifdhi ke-7 dan Tasyakur Khotmil Qur’an Bin-Nadhri ke-4 Pesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi dalam keadaan sehat wal’afiyah.
Hadirin tamu undangan dan teman-teman yang berbahagia….
Mengawali acara, marilah bersama kita membaca ummul qur’an, berharap acara ini lancar dan sukses dengan pertolongan alloh, amin. ‘ala niyatinaa sholihah al-fatihah….
Rosululloh saw bersabda : “Bacalah al-qur’an karena besok di hari kiamat, al-Qur’an akan memberikan syafa’at kepada para pembacanya”. Hadits Riwayat Muslim
Hadirin tamu undangan dan teman-teman yang dirahmati Alloh, selanjutnya pembacaan ayat-ayat suci al-Qur’an yang disenandungkan oleh saudari Nur Khomsiyah, qori’ah terbaik tingkat lomba RMI tahun 2010….
Rosululloh saw bersabda : “Barangsiapa yang menyaksikan dan atau mengikuti pembacaan al-Qur’an ketika dimulai, maka seakan-akan ia mengikuti kemenangan perang fi sabilillah. Dan, barang siapa mengikuti pengkhataman al-Qur’an maka seakan-akan ia mengikuti pembagian ghonimah”. Hadits Riwayat Tirmidzi
Hadirin tamu undangan yang diberkahi Alloh,
Marilah sejenak kita khidmat menyimak prosesi khotmil Qur’an Bil-Hifdhi ke-7 dan prosesi khotmil Qur’an bin-Nadhor ke-4 yang dipandu oleh Saudari Rifiyan Firmani (MC-2)
Hadirin tamu undangan yang kami hormati,
Rosululloh saw bersabda : “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Alloh untuk melantunkan ayat-ayat suci al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan dan akan dilingkupi diri mereka dengan rahmat, juga akan dilingkari kehidupan mereka oleh para malaikat serta Alloh pun akan memuji mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya”. Hadits Riwayat Muslim.
Baiklah, Kami panggil diiringi lantunan sholawat peserta khotmil Qur’an Bil-Hifdhi ke-7 yang berjumlah sebelas santri
Selanjutnya, Kami panggil diiringi lantunan sholawat peserta khotmil Qur’an Bin-Nadhor ke-4 yang berjumlah 140 santri
Rosululloh saw bersabda : “Barang siapa membaca al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka di hari kiamat Alloh swt memakaikan pada kedua orang tuanya suatu mahkota yang sinarnya lebih bercahaya dibanding cahaya matahari”. Hadits Riwayat Abu Daud.
Hadirin, tamu undangan yang dirahmati Alloh,
Berikutnya adalah pembacaan maqro’ diawali oleh peserta khotmil qur’an bil-hifdhi yang akan membaca surat al-mulk dan dilanjutkan oleh peserta khotmil qur’an bin-nadhri yang akan membaca surat at-Takatsur sampai dengan an-Naas.
KH. Musthofa Bisri berkata : “ Doa adalah pembuka pintu langit dan merupakan media penghubung antara hamba dengan Tuhannya”.
Hadirin, tamu undangan yang dalam lindungan Alloh,
Sejenak, marilah bersama kita khusyu’ berdoa:
1)      Nyai Hj. Dra. Mahmudah Hisyam
2)      Nyai Hj. Hafidhoh
3)      Nyai Hj. Sa’adatul Ukhrowiyah
Rosululloh saw bersabda, Alloh swa berfirman  : “Barang siapa disibukkan dengan mengkaji al-Qur’an dan menyebut nama-Ku, maka aku berikan pada-Nya sebaik-baik pemberian yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta. Dan, sesungguhnya keutamaan perkataan Alloh atas perkataan lainnya adalah seperti keutamaan Alloh atas makhlukNya”. Hadits Riwayat Tirmidzi
Hadirin, tamu undangan yang dimulyakan Alloh,
Acara dilanjutkan dengan ruang pertanyaan, kesempatan pertama diberikan kepada peserta khotmil qur’an bil-hifdhi, kepada yang terhormat:
  1. Nyai Hj. Dra. Mahmudah Hisyam dimohon berkenan memberikan pertanyaan
  2. Nyai Hj. …..
  3. Nyai Hj. …..
Kemudian kesempatan pertanyaan kedua diberikan kepada peserta khotmil Qur’an bin-nadhri, kepada yang terhormat:
  1. Ustadzah Siti Aisyah Koordinator cabang Qiroati kabupaten Banyuwangi, dimohon berkenan memberikan pertanyaan
  2. …………..
  3. …………..
Rosululloh saw bersabda : “Sesungguhnya Alloh swt mengangkat derajat golongan manusia dengan al-Qur’an dan merendahkan derajat golongan lainnya”. Hadits Riwayat Bukhori Muslim.
Hadirin, tamu undangan yang diberkahi Alloh,
Berikut ini adalah pemberian syahadah dan cindera mata oleh pengasuh tahfidzil qur’an “Roudhotul Qur’an”  al-mukarromah Nyai Hj. Dra. Mahmudah Hisyam, kepada peserta khotmil qur’an bil-hifdhi, yang berjumlah 11 santri,  terdiri dari :
……………………….lihat dan baca langsung di daftar urut maju…………………..
Pemberian ijazah oleh pengasuh LPQ Hubbi Fillah Pesantren Darussalam Blokagung, al-Mukarromah Nyai Hj. Handariyatul Masruroh Syafa’at, kepada peserta khotmil qur’an bin-nadhri yang berjumlah 140 santri, terdiri dari :
……………………….lihat dan baca langsung di daftar urut maju…………………..
Rosululloh saw bersabda : “Sebaik-baik kamu sekalian adalah yang mau belajar al-Qur’an dan mengajarkannya”. Hadits Riwayat Bukhori.
Hadirin, tamu undangan yang diridloi Alloh,
Selanjutnya, pemberian Trophi Penghargaan kepada peserta terbaik Tashih Akhir Santri tahun 2010 LPQ Hubbi Fillah Pesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi.
Terbaik pertama,
dengan nama lengkap   :                                                              
Putri dari Bapak                                :
dengan alamat                  :
                                  
Terbaik kedua,
dengan nama lengkap   :                                                              
Putri dari Bapak                                :
dengan alamat                  :

Terbaik ketiga,
dengan nama lengkap   :                                                              
Putri dari Bapak                                :
dengan alamat                  :

Kepada yang terhormat Ketua LPQ Hubbi Fillah Pesantren Darussalam Putri Blokagung, Nyai Inarotul Mudrikah Kholiq dimohon berkenan memberikan Trophi penghargaan.
Alloh ‘azza wa jalla berfirman : ”Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Alloh dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian dari rizqi yang Kami anugerahkan kepada mereka  dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, karena Alloh menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari anugerahNya. Sesungguhnya Alloh swt maha pengampun lagi maha penyayang”. Qur’an Surat Faathiir ayat 29-30.
Hadirin, tamu undangan yang dirahmati Alloh, demikian tadi prosesi khotmil qur’an bil-hifdhi ke-7 dan bin-nadhri ke-4, semoga dapat memberikan kemanfa’atan dan keberkahan bagi kehidupan kita bersama, amin ya robbal ‘alamiiin
------------------------------------Tugas MC 2 “SELESAI”, Kembali ke MC 1-----------------------------------------
Alloh swt berfirman : “Sesungguhnya yang takut kepada Alloh diantara hamba-hambaNya hanyalah ulama’”. Qur’an Surat Faathiir ayat 28
Hadirin, tamu undangan yang kami mulyakan,
Acara selanjutnya sambutan oleh Pengasuh Pesantren Darussalam Putri, al-Mukarromah Nyai Hj. Handariyatul Masruroh Syafa’at
Rosululloh saw bersabda : “Barang siapa oleh Alloh dikehendaki dalam kebaikan, niscaya Alloh akan memberikan kepadanya pemahaman tentang agama”. Hadits Muttafaqun ‘Alaih.
Hadirin, tamu undangan yang kami hormati,
Sambutan kedua oleh wakil wali santri khotimaatil qur’an, al-Mukarromah Nyai Hj. Siti Syamsiyah Na’im
Alloh swt berfirman : “Niscaya Alloh akan meninggikan derajat orang-orang beriman diantara kamu sekalian dan orang-orang yang oleh Alloh diberi ilmu agama”. Qur’an Surat al-Mujadalah ayat 11
Rosululloh saw bersabda : “ilmu adalah kehidupan Islam dan tiangnya keimanan. Barang siapa mengajarkan ilmu, maka alloh akan menyempurnakan pahalanya. Dan barang siapa yang belajar lantas mengamalkannya, maka Alloh akan mengajarkannya apa-apa yang tidak ia ketahui”. Hadits Riwayat Abu Syaikh.
Hadirin, sejenak marilah kita nikmat istirahat yang diisi dengan penampilan group rebana liwa’ul muridaat Pesantren Darussalam Putri Blokagung Tegalsari Banyuwangi.
Alloh swt berfirman : “Alloh menganugerahkan alhikmah yakni pemahaman mendalam tentang al-Qur’an dan as-Sunnah kepada siapa yang Ia kehendaki. Barang siapa yang dikehendaki hikmah itu, maka sesungguhnya ia benar-benar telah dianugerahi oleh Alloh karunia yang banyak. Dan, hanya orang-orang berakallah yang dapat mengambil pelajaran”. Qur’an Surat Al-Baqoroh ayat 269.
Hadirin, tamu undangan yang diberkahi Alloh,
Acara berikutnya, Hikmah Tasyakur Khotmil qur’an bil-hifdhi ke-7 dan bin-nadhri ke-4 yang disampaikan oleh Nyai Hj. Uci’ Nur Hidayati.
Alloh swt berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya aku akan mengabulkan doamu”.
Hadirin, tamu undangan yang berbahagia,
Selanjutnya doa khotmil Qr’an, dipimpin oleh Ibu Nyai Hj. Mahmudah Krasak
Rosululloh saw bersabda: “Semoga Alloh memuliakan seseorang yang mendengar sesuatu dari kami lalu dia menyampaikannya kepadayag lain sebagaimana apa yang ia dengar, maka terkadang orang yang disampaikan ilmu padanya lebih memahami daripada orang yang mendengarnya”. Hadits riwayat Tirmidzi.
Hadirin tamu undangan yang kami hormati,
Demikianlah tasyakur khotmil qur’an bil-hifdhi ke-7 dan bin-nadhri ke-4, semoga memberikan manfa’at dan barokah fid-diini wad-dunya hattal akhiroh, amin.
Saya, Liya Uswatun Hasanah (MC-1) sebagai pembawa acara, mengucapkan terimaksih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan, wa akhiron…
Wassalamu’alaikum Wrohmatullohi Wabarokatuh.




0 komentar:

Posting Komentar