Selasa, 26 Maret 2013

Pengantar Materi Kuliah Sosiologi



Pengantar Materi Kuliah Sosiologi
Maskur, S.Sos, I., MH


A.       Latar Belakang
Pengertian sosiologi berkaitan dengan hal bersifat social atau hal yang menyangkut dan berhubungan dengan masyarakat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pegertian sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu dari kata socius dalam bahasa Indonesia berarti kawan, sedangkan logos berarti pengetahuan. Kemudian banyak orang yang mendefinisikannya dengan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kondisi masyarakat.
Ungkapan itu juga di latarbelakangi dan dimunculkan untuk pertama kalinya oleh bapak sosiologi August Comte ( 1798 – 1875 ) dalam bukunya yang berjudul “ Cours De Philosophie Positive “ pengertian Sosiologi yang berkaitan dengan masyarakat adalah mengenai kelompok individu yang memiliki hubungan antar sesama, mempunyai kepentingan yang sama, juga memiliki adat dan budaya.
            Peran dan pengertian sosiologi kali ini mencangkup ruang lingkup kajian, dan sosiologi di tekankan dalam hal mempelajari masyarakat yang meliputi perilaku setiap individu- individu dalam masyarakat.
            Bagaimanapun pengertian sosiologi adalah sebuah ilmu yang menggali dan mengamati pengetahuan masyarakat ilmu yang sudah di temukan, dalam pengertian sosiologi itu hakikatnya adalah hasil dari pemikiran ilmiah yang bisa saja suatu saat mengalami kemajuan dan pengembangan – pengembangan serta bisa di control dengan kritis oleh siapa saja.

B.       Tujuan Pembelajaran
Adapun tujuan dari pembelajaran ini  adalah
1.      Untuk memahami Pengertian Sosiologi
2.      Untuk mengetahui Ruang Lingkup dan tujuan Sosiologi
3.      Untuk mengetahui Konsep dasar Sosiologi
4.      Untuk mengetahui cara mengimplementasikan Konsep Dasar Sosiologi dalam masyarakat

C.       Pembahasan Sosiologi
Seorang manusia akan memiliki perilaku yang berbeda dengan manusia lainnya walaupun orang tersebut kembar siam. Ada yang baik hati suka menolong serta rajin menabung dan ada pula yang prilakunya jahat yang suka berbuat kriminal menyakitkan hati. Manusia juga saling berhubungan satu sama lainnya dengan melakukan interaksi dan membuat kelompok dalam masyarakat.
Istilah sosiologi berasal dari kata "socius" yang berarti kawan  dan "logos" yang berarti pengetahuan (ilmu). Jadi, sosiologi  adalah ilmu yang membahas pergaulan manusia di masyarakat. Pergaulan (interaksi) bisa terjadi antarindividu, antarkelompok,atau antarindividu dengan kelompok. Oleh karena objek studinya adalah masyarakat, maka sosiologi disebut juga ilmu kemasyarakatan. Fokusnya adalah hubungan timbal-balik antarmanusia dalam kehidupan bersama (bermasyarakat)
Menurut ahli sosiologi lain yakni Emile Durkheim, sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu. Uguste Comte Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama dengan sesamanya. Max Weber Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Tindakan sosial adalah tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan dan berorientasi pada perilaku orang lain. P.J. Bouman Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan-hubungan sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta sifat dan perubahanperubahan dalam lembaga-lembaga dan ide-ide sosial. Pitirim A. Sorokin Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai: a. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, misalnya antara gejala ekonomi dan agama, keluarga dan moral, hukum dan ekonomi, gerak masyarakat dan politik, dan sebagainya. b. Hubungan dan saling pengaruh antara gejala-gejala sosial dan gejala-gejala nonsosial, misalnya gejala geografis, biologis, dan sebagainya. c. Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi  Sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial. Objek dari sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut. Tujuan dari ilmu sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
Pokok bahasan dari ilmu sosiologi adalah seperti kenyataan atau fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis serta pengungkapan realitas sosial.

D.       Ruang Lingkup dan Tujuan Sosiologi
Objek Sosiologi dapat di bedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.       Objek material, adalah segala proses kehidupan sosial  manusia kedalam kelompoknya, proses pembentukan, dan keruntuhan sistem hidup manusia dengan memperhatikan faktor- faktor yang mempengaruhi kehidupan antar manusia.
2.        Objek Formal, Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
     Ruang lingkup  sosiologi menurut Vine sebagai dikutip oleh susanto (1999), memperlihatkan bahwa aspek- aspek yang di teliti oleh sosiologi adalah :
1)          Hubungan manusia sebagai satuan social
2)          Proses social dan ketentuan social pembentukan masyarakat
3)          Struktur social masyarakat
4)          Unsur – unsur pengawasan social yang menjamin kelangsungan hidup kelompok social masyarakat
5)          Faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan social di masyarakat, dan
6)          Dasar penelitian dan metodologi sosiologi.[1]
Dari berbagai objek yang diteliti menghasilkan berbagai konsep sosial, perubahan sosial, proses sosial, konflik sosial, pranata sosial, status sosial, struktur sosial, masyarakat kota, masyarakat desa, peranan sosial, dan sebagainya.
Ø  Tujuan sosiologi
                   Kehadiran sosiologi sebagai kajian keilmuan bertujuan :
1)        Meningkatkan kehidupan yang serasi di masyarakat
2)        Meningkatkan pengertian terhadap lingkungan social manusia dalam kehidupan bermasyarakat
3)        Meningkatkan kerjasama antar manusia
4)        Perencanaan dan peningkatan pembanguna masyarakat
5)        Perencanan pembaharuan social
6)        Peningkatan perencanaan pendidikan, dan
7)        Peningkatan pengendaian social

E.        Konsep Dasar Sosiologi
                   Konsep – konsep dasar yang dikenal dalam sosiologi sebagai ilmu, yaitu sebagai berikut :
1.    Interaksi sosial
2.    Kelompok sosial
3.    Kebudayaan
4.    Lembaga sosial
5.    Lapisan sosial
6.    Kekuasaan dan wewenang
7.    Perubahan sosial
Konsep – konsep tersebut merupakan sarana ilmiah untuk mengungkapkan kebenaran yang ada di masyarakat.

F.         Ciri-ciri Utamanya :
a)       Sosiologi bersifat empiris yang berarti bahwa ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat seta hasilnya tidak bersifat spekulatif
b)       Sosiologi bersifat teoretis , yaitu ilmu pengetahuan tersebut selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil-hasil obesrvasi.
c)       Sosiologi bersifat kumulatif yang berarti bahwa teori-teori sosiologi dibentuk atas dasar teori-teori yang sudah ada dalam arti memperbaiki, memperluas serta memperhalus teori-teori lama.
d)       Bersifat non-etis , yakni yang dipersoalkan bukanlah buruk-baiknya fakta tertentu, akan tetapi tujuannya adalah untuk menjalaskan fakta tersebut secara analitis.
G.       Kesimpulan
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur social, proses social, dan perubahan - perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.
Sosiologi bertujuan untuk memperkenalkan konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkunganya, memiliki kesadaran terhadap nilai – nilai social dan kemanusiaan, serta memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk. Dan Konsep awal dalaam studi sosiologo adalah budaya, norma dan kelembagaan.

H.       Daftar Pustaka
Selo Soemardjan, Ilmu Sosiologi , Gramedia, 2000, Jakarta.
Pitirim A. Sorokin sosiologi Umum, Rajawali Pres, 2001, Bandung

































0 komentar:

Poskan Komentar