Rabu, 15 Desember 2010

MILIARIS

Pengertian
Miliaria disebut juga sudamina, liken tropikus, biang keringat, keringat buntet. Miliaria adalah dermatosis yang disebabkan oleh reterensi keringat,yaitu akibat tersumbatnya pori kelenjar keringat. Biasanya timbul pada udara panas dan lembab. Penyumbatan ini dapat ditimbulkan oleh bakteri yang menimbulkan radang dan edema akibat perspirasi yang tidak dapat keluar dan diabsorbsi oleh stratum korneum:
1. Miliara Kristalina
Keringat dapat keluar sampai stratum korneum. Terlihat vesikel yang menyerupai titik embun. Biasanya asymptomasis. Vesikel mudah pecah karena gesekan oleh pakaian.
2. Miliaria Rubra.
Keringat merembes ke epidermis. Terlihat papula, vesikel dan eritema disekitarnya. Biasanya disertai rasa gatal. Mudah terjadi infeksi sekunder berupa impetigo dan furunkulosis. Lokalisasi penyakit ini ialah didaerah yang tertutup pakaian, terutama didada dan punggung.
Penyebab
1. Personal hygiene yang kurang
2. Pengaruh hormon ibu, sedikit bintik putih sering terlihat pada hidung BBL, berkembang pada usia 2-3 mgg setelah kelahiran dan dapat bertambah hingga 4 bln setelah kelahiran
3. Eritema toxicum
4. Biang keringat
Pengobatan
Prinsip pengobatan adalah mengurangi produksi keringat dan memberi kesempatan agar sumbatan pori itu lenyap. Sebaiknya penderita tinggal diruangan yang menggunakan air conditioning AC atau di tempat yang sejuk dan kering udaranya. Dapat diusahakan penggunaan ventilator. Terhadap penderita dapat juga diberikan obat antikolinergik yang membuat produksi keringat berkurang, yaitu misalnya prantal, probantine dan sebagainya. Pakaian yang dikenakan harus tipis.
Topical juga dapat diberikan bedak kocok yang bersifat mendinginkan dan desinfektan serta anti gatal. Pada penderita misalnya dapat diberikan losio Kummerfeldi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates