Rabu, 12 Januari 2011

Cara Membuat Website Sendiri

Cara Membuat Website Sendiri Gratis (Free)
Sebelum belajar panduan/tutorial cara membuat website atau Web Blog sendiri ada baiknya Kita tahu dahulu apa pengertian website?. Apa itu Website? secara umum Website adalah halaman atau beberapa halaman yang berisi informasi/pesan digital dan saling berhuungan, yang dapat diakses melalui jalur internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia selama perangkat komputer atau gadget berupa handphone terkoneksi dengan jaringan internet.
Nah, kebanyakan orang menjadi bingung dihadapkan dengan apa yang dimaksud dengan website? website sendiri terdiri dari gabungan Web dan Site, web yang artinya Jaringan yang sangat luas dan rumit, sedangkan Site adalah situs (tempat meletakkan), maksudnya meletakkan tulisan, gambar, video, link, Audio dan lain-lain.
Jenis-jenis website
1. Web 1.0
2. Web 2.0
3. Web 3.0
Penjelasan Jenis-jenis Web
1. Web 1.0 (1991-2003) adalah retronym yang merujuk kepada negara dari World Wide Web, dan setiap gaya desain situs yang digunakan sebelum munculnya fenomena Web 2.0. Web 1.0 mulai dengan merilis WWW ke publik pada tahun 1991, dan merupakan istilah umum yang telah dibuat untuk menjelaskan Web sebelum “meledak dari gelembung Dot-com” pada tahun 2001, yang dianggap oleh banyak orang sebagai balik titik untuk internet.
2. Web 2.0 adalah sebuah istilah yang dicetuskan pertama kali oleh O’Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004, merujuk pada generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis web—seperti situs jaringan sosial, wiki, perangkat komunikasi, dan folksonomi—yang menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O’Reilly Media, dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.
3. Web 3.0 adalah generasi ketiga dari layanan internet berbasis web. Konsep Web 3.0 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001, saat Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, menulis sebuah artikel ilmiah yang menggambarkan Web 3.0 sebagai sebuah sarana bagi mesin untuk membaca halaman-halaman Web. Hal ini berarti bahwa mesin akan memiliki kemampuan membaca Web sama seperti yang manusia dapat lakukan sekarang ini.
Web 3.0 berhubungan dengan konsep Web Semantik, yang memungkinkan isi web dinikmati tidak hanya dalam bahasa asli pengguna, tapi juga dalam bentuk format yang bisa diakses oleh agen-agen software. Beberapa ahli bahkan menamai Web 3.0 sebagai Web Semantik itu sendiri.
Keunikan dari Web 3.0 adalah konsep dimana manusia dapat berkomunikasi dengan mesin pencari. Kita bisa meminta Web untuk mencari suatu data spesifik tanpa bersusah-susah mencari satu per satu dalam situs-situs Web. Web 3.0 juga mampu menyediakan keterangan-keterangan yang relevan tentang informasi yang ingin kita cari, bahkan tanpa kita minta, contoh Facebook.
Apa Beda Website Vs Blog?
Sebenarnya sekarang sudah beda tipis perbedaan blog sama website, kenyataannya blog sudah bisa dijadikan website dan website sudah seperti blog kalau dilihat dari sejarah blog, blog itu sendiri pertamakali dipopulerkan oleh Blogger.com pada tanggal 23 Agustus 1999, akibat dari runtuhnya bisnis domain berakhiran dotcom pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google pada akhir tahun 2002 dan Pada bulan Februari 2003 secara resmi menjadi milik google. Proses akuisisi ini menyebabkan fitur premium berbayar dihilangkan, kemudian oleh google dijadikan layanan blog gratis dikarenakan Google ingin menumbuhkan minat blogging kepada khalayak.
Pesaing Blogger sendiri muncul WordPress dimulai pada tahun 2003 yang menyediakan blog gratisan dan juga menyediakan layanan cms untuk wordpress dengan hosting munculah dua layanan wordpress.com dan wordpress.org, akhirnya sekarang bermunculan layanan sejenis berbasis WordPress MU. dan akhirnya cms open source yang lainya bermunculan seperti rodexo, joomla, e-commerce, presta, dan lain – lain.
Coba kalau tidak ada layanan CMS open source diatas betapa sulitnya cara membuat website sendiri kita harus menguasai program database mysql, menguasai beberapa bahasa pemograman seperti HTML, PHP, ASP, Java Script, dll plus menguasai desain template seperti photoshop dll, belum lagi harus menguasai software macromedia dream weaver, macromedia flash untuk website flash dan masih banyak lagi. apa lagi kalau kita membuat CMS backend sendiri kebayang deh susahnya minta ampun bisa-bisa bertahun-tahun baru jadi tuh website.
Bagi yang masih belajar dan ingin membuat website sendiri tanpa tergantung dengan Webmaster. kalau boleh Saya sarankan menggunakan CMS WordPress atau Joomla dengan perlahan Anda belajar PHP dan bahasa pemograman lainnya serta menguasai program desain. terus persiapan apa saja yang harus dipersiapkan atau langkah apa saja yang diperlukan dalam membuat website sendiri, silahkan simak sebagai berikut :
Persiapan apa saja yang diperlukan untuk membuat website sendiri
1. Domain, misal, www.gomecomputer.com, negeriads.com solusi berpromosi, Bisnis Online Rahasia Dahsyat hidup Sukses dan Uang Melimpah, ArenaBetting.com dukung fair play FIFA world cup AFSEL 2010, info, net, org, atau web.id, dll
2. Hosting, harus ada cpanelnya lengkap dengan fantastico deluxnya disana nanti ada beberapa pilihan Content Management System CMS, CMS sangat meringankan kita mengedit, mengupload, memposting, dll. Website atau blog kita minimal space 50 mb karena pengalaman dengan 10 Mb cepat sekali penuhnya, kemudian misalnya, Anda pilih WordPress dan setup maka web Anda akan jadi seketika.
3. Script PHP, Script ini untuk website Affiliasi atau toko online yang menjual ebook digital, bisa didapatkan secara gratis atau membeli, nah kalau menggunakan Script PHP untuk membuat website, maka Anda memerlukan program ftp atau menggunakan Cpanel sendiri, tapi menurut saya lebih enak menggunakan Software Filezilla FTP. Anda tinggal proses Upload ke Server Hosting.
Demikianlah, Cara singkat Panduan Cara membuat website sendiri tanpa bantuan seorang Webmaster. lebih kurang saya mohon maaf karena saya sendiri juga masih belajar membuat website sendiri.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates