Jumat, 21 Januari 2011

Kebutuhan unsur-unsur gizi pada wanita yang menyusui

                Sama halnya dengan waktu hamil, wanita yang edang menyusui anaknya juga memerukan unsur-unsur gizi dalam jumlah yang banyak, bahkan lebih banyak dari semasa hamil.
                Bedanya ialah, pada waktu hamil zat makanan itu langsung diberikan oleh ibu dengan perantaraan darahnya, sedangkan pada waktu menyusui makanan itu diberikan melalui air susu.
                Seorang ibu yang selama hamil dan dalam masa menyusui mendapatkan makanan yang baik dan cukup, mempunyai kemungkinan lebih besar untuk dapat menghasilkan air susu dalam jumlah yang maksimal, sedangkan unsur-unsur gizi yang terdapat dalam air susu itu juga cukup.
                Untuk menghasilkan 1 liter air susu, ibu harus menyediakan kalori sebanyak kira-kira 350 kal, sedangkan air susu itu sendiri mengandung kira-kira 760 kal, 12 gr protein, 45 gr lemak, lactose, garam dapur, vitamin dan sebagainya. Jadi untuk menghasilkan 1 liter air susu setiap hari, disampuing untuk kebutuhan ibu itu sendiri, dia memerlukan atau harus menghasilkan kalori sebanyak 700 + 350 kal = 1050 kal, 12 gr protein dan unsur-unsur lain.
                Daftar berikut ini menunjukkan berapa banyak unsur-unsur gizi yang diperlukan oleh seorang wanita yang sedang menyusui anak dinegara tropis.
Kalori                     protein                 garam kapur                       ferrum                  vit.A                       vit.B1     vit.C
2700                       85 gr                      1 gr                                         15 mg                    400 K                     1,5 mgI 30 mg

                Apabila unsur-unsur ini tidak dapat dipenuhi oleh makanan wanita tadi, maka unsur-unsur itu akan diambil oleh tubuhnya sendiri. Dalam keadaan seperti ini, kemungkinan ibu itu akan mudah menderita berbagai penyakit defisiensi yang akut, sedangkan keadaan gizi ibu itu dengan demikian ada dalam taraf sangat minimal.
                Sering ibu-ibu yang menyususi anaknya akan kelihatan pucat, lesu dan kurus. Ini merupakan tanda bahwa makanan ini tidak cukup. Hal ini mungkin akan membawa pengaruh buruk terhadap bayinya. Berat badan anak akan sukar sekali bertambah, dan mungkin anak ini akan menderita berbagai penyakit gangguan gizi hingga amat memudahkan anak ini terserang berbagai penyakit defisiensi .
                Umumnya nafsu makan seorang wanita yang menyusui anak baik sekali, kecuali jika ia menderita sesuatu penyakit infeksi lainnya. Sungguhpun tidak dapat dipastikan pengaruh jumlah air yang didapat ibu, baik sebagai air minum ataupun melalui makanan lain, tetapi banyak ahli yang menganjurkan agar para ibu menyusui anaknya minum air paling sedikit 8 gelas setiap hari.

2 komentar:

Er'end mengatakan...

Aku publikasika artikel ini di tautan fbku,biar mantan sahabatku membacanya.Makasih ya sob!

MaPhia BlacK mengatakan...

Er'end --> Ea..
SemOga bErmanfaat Ea Shabat??

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates