Kamis, 22 September 2011

MANUSAI DAN KEGELISAHAN


           Manusia di alam dunia ini memegang peranan yang unik dan dipandang dari banyak segi. Dalam ilmu-ilmu sosial manusia merupakan makhluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan sering disebut (Homo Economis) atau ilmu ekonomi, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi), makhluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (politik), makhluk yang berbudaya, sering disebut homo-humanus (filsafat) dan alin sebagainya.
Manusia sebagai satu kepriadian mengandung tiga unsur yaitu :


1. Id yang merupakan struktur kepribadian yang primitif dan paling tidak nampak.

2. Ego merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian yang “eksekutif” karena peranannya dalam menghubungkan energi Id kedalam saluuran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.

3. Super ego merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia lima tahun. Dibandingkan dengan Id dan Ego yang berkembang secara inernal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego merupakan kesatuan standar-standar moral yang diterima oleh ego dari sejumlh agen yang mempunyai otoritas didalam lingkungan luar diri, biasanya merupakan asimilasi dari pandangan-pandangan orang tua.


 HAKEKAT MANUSIA

A. Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.

B
. Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan makhluk lainnya.

C. Makhluk biokultural, yaitu makhluk hayati yang budayawi.

D. Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.




PENGERTIAN KEGELISAHAN


            kegelisahan berasal dari kata gelisah,yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa khawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.
            Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak-gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya jalan mondar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukan kepala, memandang jauh ke depan sambil mengepal-ngepalkan tangannya, duduk termenung sambil memegang kepalanya, duduk dengan wajah murung atau sayu, malas bicara, dan lain-lain.

            Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan kecemasan, kekhawatiran, ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaitan juga dengan masalah frustasi yang secara definisi dapat disebutkan, bahwa seseorang mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.
           Sigmund Freud ahli psikoanalisa berpendapat, bahwa ada tiga macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu kecemasan kenyataan (obyektif), kecemasan neorotik, kecemasan moril.


a. kecemasan obyektif
           kecemasan tentang kenyataan adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat atau suatu bahaya dalam dunia luar.


b. kecemasan neorotis (syaraf)
           kecemasan in timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah. Menurut Sigmund Freud kecemasan ini dibagi menjadi tiga macam yakni :

1. kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan.

2. Bentuk ketakutan yang tegang dan irrasional (phobia).

3. Rasa takut lain ialah rasa gugup, gagap dan sebagainya.


c. kecemasan moril kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang.







  SEBAB-SEBAB ORANG GELISAH

                Sebab-sebab orang gelisah adalah karena pada hakekatnya orang takut kehilangan hak-haknya.
Hal itu adalah akibat dari suatu ancaman, baik ancaman dari luar maupun dari dalam.
Contoh :
 bila ada suatu tanda bahasa (bahasa banjir, gunung meletus, perampokan), orang tentu akan gelisah. Hal itu disebabkan karena bahaya itu mengancam akan hilangnya beberapa hak orang sekaligus, misalnya hak hidup , hak milik,hak memperoleh perlindungan, hak kemerdekaan hidup dan mungkin hak nama baik.


 USAHA-USAHA MENGATASI KEGELISAHAN

                Mengatasi kegelisahan ini pertama-tama harus mulai dari diri kita sendiri, yaitu kita harus bersikap tenang. Dengan sikap tenang kita dapat berpikir tenang , sehingga segala kesulitan dapat kita atasi.
Contoh :
Dokter yang menghadapi isti dan anaknya yang sedang sakit,Justru tidak dapat merasa tenang. Karena ada ancaman terhadap haknya. Dokter tidak dapat berbuat apa-apa bila menghadapi keluarganya yang sakit, karena ia merasa khawatir.
Dalam hal ini dokter itu harus bersikap seperti menghadapi pasien yang bukan keluarganya.

               Untuk mengatasi kegelisahan yang paling ampuh kita memasrahkan diri kepada Tuhan. Kita pasrahkan nasib kita sepenuhnya Kepada-Nya. Kita harus ;percaya bahwa Tuhanlah Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Penyayang dan Maha Pengampun.

KETERASINGAN
                Keterasingan berasal dari kata terasing dan kata itu adalah kata dasar asing. Kata sing berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan , terpencil atau terpisah dari yang lain.

               Terasing atau ketersaingan adalah bagian hidup manusia. Sebentar atau lama orang pernah mengalami hidup dalam keterasingan, sudah tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda satu sama lain.
               Yang menyebabkan orang berbeda dalam keterasingan itu ialah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh masyarakat, atau kekurangan yang ada pada diri seseorang sehingga ia tidak dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat.





KESEPIAN

              Kesepian berasal dari kata sepi yang berarti sunyi atau lengang, sehingga kata kesepian berarti merasa sunyi atau lengang, tidak berteman. Setiap orang pernah mengalami kesepian. Karena kesepian bagian hidup manusia, lama rasa sepi itu bergantung kepada mental orang dan kasus penyebabnya.

Sebab-sebab terjadinya kesepian
             
              Bermacam-macam penyebab terjadinya kesepian. Frustasi dapat mengakibatkan kesepian. Dalam hal seperti itu manusia tidak mau diganggu, ia lebih senang dalam keadaan sepi, tidak suka bergaul dan sebagainya. Ia lebih senang hidup sendiri.

              Jadi kesepian itu akibat dari keterasingan. Keterasingan akibat sikap sombong,angkuh, kaku,keras kepala sehingga dijauhi teman-teman sepergaulannya. Karena teman-teman menjahui. maka orang yanng bersikap sombong itu hidup terasing, terpencil dari keramaian hidup sehingga kesepian.


KETIDAKPASTIAN

             ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu. Ketidakpastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu. Itu semua adalah akibat pikirannya tidak ada konsentrasi . Ketidak konsentrasian yang menyebabkan pikirannya kacau.

Beberapa orang yang ak dapat berpikir dengan pasti ialah :
 1. Obsesi
               obsesi merupakan gejala neurosa jiwa, yaitu adanya pikiran atau perasaan tertentu yang terus-menerus, biasanya tentang hal-hal yang tidak menyenangkan, atau sebab-sebabnya tak diketahui oleh penderita. Misalnya selalu berpikir ada orang yang ingin menjatuhkan dia.
contoh:
              seorang pedagang yang maju pesat, pada suatu saat terpikir olehnya ada kawannya yang ingin menjatuhkannya. Pikiran itu tidak hilang, tetapi justru menjadi- jadi. Apalagi setelah ia merugi.

2.Phobia
              phobia ialah rasa ketakutan yang tak terkendali,tidak normal. Kepada sesuatu hal atau kejadian tanpa diketahui sebab-sebabnya.

3.kompulasi
              ialah adanya keragu-raguan tentang apa yang telah dikerjakan, sehingga ada dorongan yang tak disadari melakukan perbuatan yang serupa berkali-kali.

4.Histeria
              ialah neorosa jiwa yang disebabkan oleh tekanan mental, kekecewaan dan pengalaman pahit yang menekan, kelemahan syaraf, tidak mampu menguasai diri, sugesti dari sikap orang lain.
Contoh :
               Ketika ibu Bakri sedang melayani anaknya makan, datang orang-orang mengetuk pintu, mengucap salam. Dijawabnya dan keluarlah Ia. Diluar kagetlah ia melihat orang banyak mengusung jenazah yang ditutupi kain.ibu itu langsung bertanya siapa itu? “itu kan bukan Kang Bakri !” semua orang yang ditanya diam. Akhirnya ia berteriak histeris lalu pingsan.

5.Halusinasi
               Khayalan yang terjadi tanpa rangsangan panca indera.dengan sugesti diri orang dapat juga berhalusinasi. Halusinasi buatan, misalnya dapat dialami oleh orang mabuk atau pemakai obat bius. Kadang-kadang karena halusinasi orang merasa mendapat tekanan-tekanan terhadap dorongan-dorongan dasarnya, sehingga dengan timbulnya halusinasi dorongan-dorongan itu menemukan sasarannya. Ini nampak dalam perbuatan-perbuatan penderita. (penderita itu dapat menyadari perbuatan itu, tetapi tidak dapat menahan ransang khayalan sendiri).






KESIMPULAN


                 Manusia dan kegelisaha tidak akan pernah bisa untuk dipisahkan seperti dua sisi mata uang logam.meskipun satu keeping,kedua gambarnya berbeda namun tidak bisa di pisahkan.banyak sekali penyebab/penyebab terjadinya kegelisahan,karena tidak adanya ketenangan di hati dan fikiran kita karena adanya kesalahan yang telah kita perbuat baik sengaja ataupun tidak di sengaja.sedangkan kita belum bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.oleh sebab itu sebelum kita melakukan suatu pekerjaan hendaknya kita bedoa dahulu ,yakin bahwa kita mampu melaksanakan pekerjaan tersebut dan kita harus bisa maelaksanakanya sebaik mungkin agar kita mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin yang akhirnya hal tersebut dapat di selesaikan dengan baik.
                    Namun jika kita sudah tidak bisa mengelak dari suatu kesalahan yang akhirnya membuat kita gelisah,janganlah kita merasa putus asa.manusia adalah mahluk yang paling sempurna yang di ciptakan Allah SWT.janganlah kita pasrah dan putus asa, tapi hendaklah kita berusaha untk memperbaiki kesalahan tersebut dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan berusahalah untuk menjadi lebih baik daripada hari kemarin tanpa adanya kegelisahan dihati kita dan jadikanlah kegelisahan tersebut menjadi suatu kepastian yang suatu saat akan membawa kita menuju kesuksesan.








SARAN


Dewasa ini banyak sekali fenomana fenomena yang disayangkan.ketika kegelisahan telah membutakan mata hati seseorangdan dari sekian banyak oran orang tersebut telah megalami suatu kegelisahan yang teramat sanat dan akhirnya membawa mereka kejurang kenistaan dan telah menyimpang jauh dari agama.seprti banyak terjadinya bunuh diri untuk itu kita harus lebih mendekatkan diri kepadaNya mentaati semua perintahnya dan juga menjauhi semua laranganya.


TUJUAN


Makalah ini di buat bertujuan sebagai acuan pembelajaran kita tentang apayang dimaksut dengan pembelajaran ISBD MANUSIA DAN KEGEKISAHAN supaya orang lain dapat mengetahui maksud dan tentang kegelisahan yang sebenarnya makalah ini dibuat sebagai prasyarat ISBD.


RUMUSAN MASALAH

Faktor faktor penting manusia sebagai mahkluk berakal
Manusia dan kegelisahan

4 komentar:

Green KLOPERER mengatakan...

manusia dan kgelisahan,,,2 hal yg ga akan pernah pisah sampai akhir hayat ato mungkin malah kebawa mati...pernah ga seh kita ga gelisah n khawatr dengan suatu hal ??? pasti hampir ga pernah,,sekalipun itu hal kecil

BagiBagiBlog mengatakan...

Wuuih,, Makalahnya MAAANTAAFF BGT Mbak!!!
Langsung dapet Nilai Tinggi neh... ^_^
Bener BGT kal Manusia tuh sering mengalami Kegelisahan & hal2 yg disebut diatas karna Manusia sebenarnya adalah Makhluk yg lemah..
Selain Kita butuh Orang lain untuk menguatkan Diri Kita juga Butuh Pertolongan Alloh agar Hidup Kita kembali terarah!!
Hwehehe..

Kasim Muhammad mengatakan...

mantap...:D

Said Arsyad mengatakan...

wah, kok tulisannya begitu bagus dan runtut ya..

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates